Skip to main content

3 Jurus Menghapus Background dengan Photoshop

3 Jurus Menghapus Background dengan Photoshop ini saya tulis sebagai referensi beberapa variasi cara menyeleksi/ menghapus gambar di photoshop. Sebetulnya bebas saja kamu pakai jurus yang mana saja, namun hendaknya kamu mengetahui terlebih dahulu jurus apa saja yang bisa dipakai supaya kerjaan desain grafismu menjadi lebih efektif.

Jurus 1
MAGIC WAND TOOL



Ini file gambar latihannya
Untuk gambar yang seperti ini (gambar dengan warna backgroud sama, merata, tanpa gradasi) akan lebih praktis menggunakan magic wand tool / Quick Selection Tool (W) \ Caranya, gandakan dulu layernya dengan CTRL+J, lalu sapukan magic wand tool, terakhir buat invisible layer background dengan klik ikon mata.




Jurus 2
LASSO TOOL


Ini file latihannya




Lasso Tool ini dibagi menjadi 3. Lasso Tool untuk menyeleksi gambar sesuai keinginan dengan bentuk objek dengan sedikit sudut. Polygonal Lasso Tool untuk menyeleksi gambar dengan banyak sudut. Magnetic Lasso Tool untuk menyeleksi gambar dengan bantuan otomatisasi dari photoshop dalam mengidentifikasi mana background mana objek.

Kali ini saya screenshoot untuk penggunaan Magnetic Lasso Tool (yang lain juga silakan dicoba lho...hehehe). Tinggal klik lalu arahkan di tepian objek hingga muncul seleksi otomatis. Ingat, yang harus dilakukan adalah seleksi terus sampai titik awal nyambung dengan titik akhir. Kalau sudah tinggak tekan CTRL+J maka akan muncul hasil seleksi di layer baru.



Jurus 3
PEN TOOL 

Pen tool ini bekerja per point atau titik. Jadi kita harus klik terus untuk menentukan sendiri titik seleksinya. Lha kalau salah?tenang, pakai saja freeform pen tool atau add anchor point tool dan delete anchor point tool untuk membetulkan posisinya dengan digeser sampai posisinya tepat.

ini dia file gambar buat latihan..
Klik point / titik nya dari titik awal sampai titik akhir menyambung. 

Klik kanan pada hasil seleksi lalu pilih make selection. 


Kalau sudah tinggal klik CTRL+J maka akan muncul hasil seleksi di layer baru.

Intinya, kamu bisa pilih jurus manapun, yang penting kamu paling nyaman, paling cepat, paling rapi. Selamat mencoba

Sampun, Semoga menambah pengetahuan
Salam Kreatif
Akang Rif'an

Comments

  1. Kalo Sleksi Rambut Acak" Biar Bisa Sempurna Gmana Min..?
    :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. rambutnya dirapiin dulu kali ya..hahaha pake feather nya aja ditambahin...

      Delete
  2. Kunjungi Balik Sekalian Di Cela
    :-D
    http://gratisan-pol.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-selamatkan-bumi-kita.html#comments

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Inspirasi Watermark Logo Untuk Fotografer (Bisa Diedit)

Watermark atau tanda air bagi seorang fotografer meskipun bukan yang utama namun cukup penting juga untuk dibuat agar menarik. Mengapa? watermark foto selain menunjukkan karakter fotografer itu sendiri juga merupakan identitas kepemilikan foto sekaligus promosi gratis. Namun jika Anda salah memilihnya, justru bukan mempercantik foto Anda tapi malah norak/ mengurangi estetika foto Anda. Beberapa tokoh menggunakan watermark secara berbeda beda. Namun, jika dikelompokkan rata-rata menggunakan beberapa identitas berikut. Nama "Keren", nama yang dikenal orang biasanya bukan nama Asli atau nama lengkap. Kadang juga julukan. Logo dan nama. Biasanya logo khas vector yang berhubungan dengan alat alat fotografi. Inisial. Singkatan nama atau  kombinasi huruf huruf dan atau angka favorit. Nama website pemilik foto. Agar mudah dihubungi sekalian promosi Nama studio yang menaunginya atau miliknya sendiri beserta nomer kontak. Promosi juga Namun perlu diingat. Meletakkan wat

Mudah Memahami Segitiga Exposure (Kombinasi Aperture, ISO dan Shutter Speed)

Segitiga Exposure atau segitiga emas dalam fotografi adalah kunci dari mendapatkan foto yang ideal. Begitu juga kalau Anda ingin mendapatkan hasil yang esploratif atau rada mainstream tentu saja pengetahuan tentang segitiga exposure ini mutlak dipahami. Di era kamera modern, sudah disediakan mode AUTO dimana kamera akan mendeteksi sendiri kondisi cahaya dan objek yang ada didepan, lalu kamera akan memutuskan bagaimana settingan exposurenya. Namun, apakah pasti tepat sesuai dengan keinginan? bisa iya bisa tidak. Karena bagaimanapun kamera memiliki sensor elektronik dan tidak memiliki sensor perasaan...hehehe Nah, biar mudah belajarnya setting kamera Anda pada mode Manual ya...atau M. . Kembali ke segitiga exposure. Saya pakai istilah Aperture, ISO, dan Speed saja ya..biar mudah. APERTURE (F) Aperture adalah bukaan lensa kamera  yang mengijinkan seberapa banyak cahaya masuk.  Bila Aperture besar, akan banyak cahaya yang masuk dibandingkan dengan bukaan kecil.  Ape

Setting White Balance (WB), Bukan Soal Benar Salah tapi Suasana Yang Ingin Diciptakan

White Balance (WB) adalah elemen sangat penting dalam dunia fotografi digital. Pada pengaturan White Balance kita dapat menentukan warna yang sesuai dengan keinginan. Penggunaan White Balance menjadi sangat penting jika kita terjun dalam fotografi produk yang dijual secara online. Karena yang kita jual pada dasarnya adalah foto digital. Misalnya Anda memotret baju/ jilbab/ asesoris yang memiliki kecenderungan warna yang beragam, jika kita tak menyadari, pembeli bisa jadi akan menyampaikan komplan karena warna tak sesuai.  Sepatu putih karena salah pengaturan menjadi agak coklat. Biru tosca berubah jadi biru muda misalnya. Nah, WB akan meminimalisir kemungkinan ini. Di era digital, setting white balance ditentukan sebelum memotret atau bisa juga setelah memotret kalau memakai format RAW. Pemilihan bukan masalah benar atau salah, tetapi masalah “Kita mau jadinya seperti apa”.  Kalau kita ingin warna di foto kita seperti yang dilihat mata maka WB harus tepat. Namun, untuk bebera